Minggu, 05 Agustus 2012

Memimpin Dengan Hati

Hari Minggu tgl 5 Agustus 2012 kemarin, aku dapat kesempatan yg luar biasa utk datang&ikut ke training yg diadakan oleh d'BCN dgn kerjasamanya dgn training ESQ, di Hotel Kartika Chandra Ballroom Kirana.
Mereka selalu mengadakan training2 yg bagus2 banget. Alhamdulillah aku berkesempatan utk ikut, walaupun pada awalnya aku sempat kehabisan tiketnya, alhamdulillah saat hari2 terakhir ada salah satu peserta yg mengundurkan diri. Karena aku gak mau menyia-yiakan kesempatan&dapat dukungan penuh dr pak suami, akhirnya aku berangkat juga.

Acaranya kebetulan sore sampai setelah buka puasa. Begitu sampai, sudah banyaklah peserta yg datang. Untung eyang Leader Yulia Riani udah sampe, jadi aku gak perlu celingak celinguk lagi.hehehehe...
Akhirnya kita nunggu beberapa peserta dari jaringan bu Director ini datang. Pandangan gak jauh2 dari pintu masuk, siapa tau ada yg datang. Tentunya mba Nadia Meutia si empunya acara gak absen datang dong...Begitu melihat pesonanya, semakin mantap hati ini utk berbisnis disini.. hehehehe

 *para peserta training ESQ jaringan Yulia*


*Yulia&aku - NadiaMeutia-co founder d'BCN&aku*


Acaranya pembukaan training oleh mba Nadia Meutia, lalu dilanjutkan lagi training yg diadakan dr ESQ dibawakan oleh Bpk Ade Armand Dumadi, break sholat Ashar, training lagi, buka puasa dan makan malam. Karena masih ada waktu, diakhir2 acara mba Nadia sempat memberikan materi training.

Gak nyesel ikutan training ini, karena kita jadi bisa tau bagaimana caranya menjadi pemimpin yg baik, yg akan banyak disukai oleh org2 yg dipimpinnya dan juga masyarakat luas lainnya.

Berikut beberapa reviewnya yg sempat aku abadikan ( Cieeee....gaya)...hehehehe

- Pesan pertama dari bpk Ary Ginanjar yg diwakilkan oleh Bpk Arman yaitu Letakanlah keyakinan diatas segala-galanya. Maksudnya adalah letakanlah segala harapan dan impian kita akan keyakinan kita yg tentunya tidak pernah lepas&lupa akan Sang Pencipta. InsyaAllah semuanya akan berjalan lancar&mantap.

- Sumber daya manusia itu dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu :
   1. Skill
   2. Knowledge
   3. Attitude
  Ternyata point 1&2 ini hanya berpengaruh sebanyak 10-20% dan point no 3 inilah yg sangat berpengaruh   terhadap sumber daya manusia, sebanyak 80-90%.
Seperti yg dikatakan oleh Zappos.com " Bekerja sepenuh hati bukan hanya sekedar karir sebagai panggilan. bukan uang tp kebahagian kepada pelanggan bahkan dunia. Profit hanya sebagai semangat & tujuan".

- Dilayar presentasi, ditampilkan seseorang sosok alm.Whitney Houston..(kita nyanyi bareng2 satu ruangan, seru d, anggep aja karakoean rame2 :D ...nyanyi lagu alm.Whitney yg i will always love you). Kenapa digambarkan sosk Alm? Disitu dijelaskan bahawa sosok alm adalah sosok yg mempunyai segala2nya, berupa materi, kekayaan, terkenal tdk cuma di negaranya bahkan di seluruh dunia mengenalnya. Tapi mengapa pada akhirnya kehidupannya begitu tragis? apakah yg kurang? Ya..jawabnya adalah kebahagiaan dalam hati lah yg tidak dia punyai.
  Alur pekerjaannya adalah sebagai Rock Star => Flow => Hire purpose. (maka hal2 tsb lah yg mbuat jiwanya terasa hampa), maka ada baiknya kalo kita merubah itu semua menjadi Hire purpose => flow => Rock Star..

- Spiritual spirit , bagaimana kita membangun attitude utk mengembangkan Upline dan Downline.
  Mari kita belajar dari kehidupan kaum Samurai di Jepang. Apa itu kaum Samurai ? kaum samurai adalah kaum yg paling disegani di Jepang, yg mempunyai sebuah pedang katana atau nihoto (bukan samurai seperti yg biasa kita kenal, samurai itu adalah kaumnya), nah di ujung katana ini selalu ada simbol bunga sakura, mengapa harus bunga sakura, ternya bunga sakura ini melambangkan :
* kelembutan
* Kehidupannya yg singkat : oleh karenanya org2 Jepang begitu menghargai kehidupannya, karena mereka berpikir hidup ini begitu singkat, maka dengan itu mereka selalu mengisi kehidupannya dengan hal2 yg positif.

- Mengapa ada 70% kegagalan dalam pelaksanaan kepemimpinan? karena " Pemimpin terlalu fokus pada tujuan tapi tidak pd implementasinya" , gagal karena menggunakan aspek head saja bukan pada heart, tp akan lebih sukses jikalau kita menggunakan kedua aspek tersebut.

- Apa aja siy yg dilakukan pemimpin :
* Inspiring, visi bersama.
* Chalengging ; mind set, skill/experience, system, new value, organization objectivities oriented, communication effectivities.
 * Enabling : SDM, tools, system, skill.
* Energizing : memberi semangat, motivasi, recognizing.
* Role models : walk to walk, perilaku, how to do it.

- 5 Tingkatan kepemimpinan :

   * Dicintai yaitu caranya dengan membangun hubungan.
   * Dipercaya harus membangun integritas : lakukanlah dengan hati.
   * Diikuti caranya adalah menolong.
   * Kader : menjadi pemimpin yg baik.
   * Pemimpin abadi : siapakah dia? yg mempunyai warisan, yaitu kekayaan hati (leave legacy).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar